Technology

Lazada Philippines

Panduan Verval PTK dan Upload Photo PTK

Panduan Verval PTK dan Upload Photo PTK
Tugas Operator memang sangat berat tanggungjawabnya, setelah data data lain yang seabrek telah kita kerjakan dengan penuh tanggung jawab. Kali ini kita akan membahas mengenai Verval PTK yang masih ada kaitannya dengan data Dapodik. Sistem verifikasi dan validasi data PTK atau disingkat verval PTK bertujuan memverivikasi data PTK yang berkaitan dangan data Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK.
Verval PTK dapat dilakukan Operator Sekolah. Jika sebelumnya aplikasi verval PTK tidak bisa diakses oleh operator melalui sekolah, maka sejak beberapa waktu yang lalu aplikasi verval PTK bisa diakses oleh Operator Sekolah dengan menggunakan username dan password yang sudah terdaftar pada sdm.data.kemdikbud.go.id (SSO). Dengan bisa diaksesnya verval PTK oleh Operator Sekolah, maka pihak sekolah dapat mengajukan revisi identitas PTK yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir jika diperlukan, dengan melampirkan dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, tugas Operator sekolah juga harus mengecek kepastian apakah data PTK di aplikasi dapodikdas sama dengan data referensi di Verval PTK. Apabila ditemukan ada terdapat PTK yang tidak terdata di Verval PTK, kemungkinan terjadi karena PTK bersangkutan Ganda/duplikat/Double Counting (mutasi/pindahan sekolah, pensiun, meninggal dunia).
Adapun pengelolaan data PTK pada aplikasi verval PTK meliputi :
Pengelolaan revisi data identitas meliputi revisi nama, tempat lahir, tanggal lahir, Agama, Nama Ibu kandung dan Jenis PTK;
Pengelolaan PTK Duplikat meliputi merge/gabung PTK duplikat, yang menggabungkan beberapa record data PTK (di data PDSP) berdasarkan sekolah induk yang paling benar;
Pengelolaan NUPTK Invalid berupa penghapusan NUPTK invalid yaitu NUPTK yang tidak terdiri dari 16 digit.
Berikut panduan cara verval PTK tahun 2016, selengkapnya sebagai berikut :
1. Masuk ke laman web Verval PTK
2. Masukkan username dan pasword seperti yang anda gunakan untuk login pada verval PD (akun yang sudah terdaftar di SDM PDSP, lalu klik pada “Login”.
3. Selanjutnya klik pada tab “Pengelolaan” lalu klik pada pilihan menu, pilih “Perbaikan Data Master”.
4. Pilih tanda edit disebelah kiri data PTK
5. Perbaiki data PTK yang diperlukan seperti Nama PTK, Tanggal Lahir PTK, Tempat Lahir PTK, NIK, Jenis Kelamin, maupun Nama Ibu Kandung PTK. Setelah perbaikan dilakukan, silahkan lampirkan dokumen yang diperlukan yang menjadi pendukung perubahan :
a. Kartu Keluarga
b. Akte Kelahiran
c. Buku Nikah
d. KTP
e. Ijazah
6. Silahkan Upload foto PTK, foto file maxsimal 200kb, jadi jika foto PTK berukuran lebih besar silahkan diperkecil terlebih dahulu, Setelah perbaikan ataupun foto PTK telah dipilih silahkan klik pada "Upload Dokumen", selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi, Anda yakin akan mengubah data?, pilih “OK”.
7. Untuk upload photo, setelah proses upload selesai, maka photo PTK akan langsung tampil, sedangkan untuk edit / memperbaiki data PTK ada jeda waktu persetujuan, untuk cek status perbaikan data PTK silahkan klik pada menu dropdown pada “Pengelolaan” selanjutnya pilih “Status Perbaikan Data Master”.
Beberapa hal penting terkait dengan NUPTK bagi PTK yang telah memenuhi kriteria dan syarat untuk mendapatkan NUPTK pada beberapa bagian data pada tab “NUPTK”, di antaranya daftar PTK :
1. Calon Penerima NUPTK
2. Status Penerima NUPTK
Demikian panduan singkat tentang cara Verval PTK dan Uploud Foto PTK di Verval PTK, semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Sports