Technology

Lazada Philippines

Permainan tradisional bali yang sudah hampir punah.

Permainan tradisional Bali yang pernah ada dan pernah kita mainkan dijaman dulu sangat banyak. Dijaman dulu anak-anak banyak yang memainkan dengan riang gembira dan semangat, tidak ada rasa capeknya. Pagi,siang, sore, hujan, panas tetap bermain. Contoh permainannya :
1. Main slodor(istilah bali)
Dimana permainan ini dilakukan dengan berbanyak orang, dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama sebagai penjaga dan kelompok kedua sebagai penerobos rumah. Kelompok penjaga menjaga rumahnya agar tidak bisa dimasuki atau ditabrak oleh kelompok kedua. Permainannya berlangsung sampai sekian babak, bergantian sebagai kelompok pertama dan kelompok kedua.
2. Main Cingklak.
Permainan ini dimainkan berdua memakai 5 buah batu kecil, guli sebagai alat yang dipantulkan.
3. Main Tajog.
Permainan ini dimainkan sendiri memakai bambu sebagai peninggi badan. Seolah-olah pemainnya menjadi raksasa yang tinggi besar. Permainan ini sangat menyenangkan.
4. Main Kring-kringan.
Permainan ini dilakukan berbanyak. Dimana salah satu pemain ditunjuk sebagai pencari. Yang lainnya yang dicari, pemain yang dicari ngumpet ditempat yang tersembunyi. Pencari berusaha mencari pemin yang bersembunyi sampai didapatkan. Setelah itu pemain yang didapatkan sebagai pencari. Gitu juga seterusnya.
Demikian beberapa contoh permainan tradisional Bali yang bisa dijabarkan. Untuk permainan tradisional yang lainnya masih banyak ada.
Comments
0 Comments

Sports